Tuesday, March 5, 2013

cara instal opera mini agar supot text (tulisan) bahasa arab


assalamu'alaikum.....Selamat Berjumpa kembali sahabat Nazza Banz 'N sahabat Oret Oretan, Kali ini Ana coba berbagi Ilmu dan pengalaman, kali aja ada manfa'atnya, jaman sekarang kan banyak keluar type Hand Phone (HP) model baru yang sudah di lengkapi pitur browser, terutama browser yang paling populer adalah opera mini, namun kadang kadang pas kita mulai browsing mencari ayat alqur'an atau Hadist Hadist, atau juga masuk ke jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain lain. kita menemukan tulisan dengan gambar kotak kotak..  Tulisan apa itu....???!!!, he..he.., itu tandanya hp Ente tidak supot dengan text atau tulisan bahasa lain, cuma supot Bahasa ingris 'N bahasa Indonesia saja. Sekarang Bagai mana agar Browser Opera mini kita supot Semua bahasa Marii Kita mulai Lngkah Langkahnya :

 * Buka Browser Opera mini Ente Di Hp. pastikan ada pulsanya. atau masa aktif paket internet ente masih berlaku.
* tuliskan tulisan yang berwarna merah di bawah ini tanpa spasi, tepat pada kolom url (adres bar) opera mini ente (yang ada tulisan : www atau http://nya hapus, dan gantikan dengan tulisan yang warna merah tsb : 

about:config   

* klik ok/yes
dan ente akan di bawa pada sebuah halaman pilihan.
pada pilihan yang bertuliskan :

"USE BITMAP FONT FOR COMPLEX SCRUPTS"

dan pilih :YES, ( Biasanya pilihan tersebut berada paling bawah halaman pilihan.)

* Kemudian Klik Save beres deh....
untuk pembuktiannya silahkan ente googling ayat al - Qur'an, maka akan muncul tulisan tulisan arab dan tidak kotak kotak lagi.
selamat mencoba semoga Berhasil....dan di tunggu comentnya kawan.....
Wassalam...

1 comment: